Home / RAGAM

Jumat, 5 April 2024 - 13:52 WIB

Yuk Mampir, Ada Pemeriksaan Kesehatan Gratis di Posko Mudik BPJS Kesehatan!

Redaksi - Yadi - Penulis

Jakarta – (tribratatv.com) : Kabar gembira datang dari BPJS Kesehatan. Untuk mendukung kenyamanan peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) maupun masyarakat luas yang mudik ke kampung halaman, tahun ini BPJS Kesehatan kembali menghadirkan layanan pemeriksaan kesehatan gratis. Layanan tersebut bisa diakses para pemudik di Posko Mudik BPJS Kesehatan yang berlokasi di Terminal Pulo Gebang, Jakarta Timur; Pelabuhan Merak, Banten; Rest Area Tol KM 88A, Purwakarta; Rest Area Tol Ungaran KM 429A, Jawa Tengah; Terminal Purabaya, Sidoarjo; dan Pelabuhan Soekarno Hatta, Makassar.

“Posko mudik tersebut kami sediakan selama masa mudik Lebaran, yaitu 5-9 April 2024. Selain itu, kami juga membuka Posko Mudik BPJS Kesehatan saat arus balik di Rest Area Banjaratma KM 260B, Brebes pada 13-15 April 2024. Masyarakat yang sedang mudik, silakan mampir. Selain layanan pemeriksaan kesehatan gratis, kami juga menyediakan fasilitas pijat relaksasi bagi pemudik,” kata Direktur Utama BPJS Kesehatan, Ghufron Mukti saat meresmikan Posko Mudik BPJS Kesehatan di Pulo Gebang, Jumat (05/04).

Ghufron mengatakan bahwa Kementerian Perhubungan memprediksi jumlah pemudik pada Lebaran tahun 2024 mencapai 193 jiwa pemudik. Padahal, tahun lalu tercatat sejumlah 123 juta pemudik. Artinya, terdapat peningkatan jumlah pemudik sekitar 70 juta jiwa. Karena itu, BPJS Kesehatan berupaya turut andil membantu kelancaran arus mudik dan arus balik tahun ini dengan menghadirkan Posko Mudik BPJS Kesehatan di sejumlah titik padat pemudik tersebut.

Selain bisa memanfaatkan layanan pemeriksaan kesehatan gratis dan fasilitas relaksasi, di Posko Mudik BPJS Kesehatan pemudik juga bisa mendapatkan layanan lain seperti konsultasi kesehatan, penyediaan obat-obatan, pemberian tindakan sederhana yang bersifat emergency hingga pemberian rujukan bila diperlukan. Selain itu, terdapat ambulans yang bisa digunakan untuk mengantar pemudik ke rumah sakit apabila yang bersangkutan harus segera mendapatkan penanganan medis lebih lanjut. Para pemudik yang singgah di posko tersebut juga bisa menikmati takjil gratis yang disediakan.

Baca Juga :  Tegaskan Netralitas, Kapolres Pagar Alam Akan Berikan Sanksi Bagi Anggota Yang Melanggar

“Seluruh pelayanan dan fasilitas di Posko Mudik BPJS Kesehatan ini bisa dinikmati secara gratis, jadi jangan sungkan untuk memanfaatkannya. Posko Mudik BPJS Kesehatan akan beroperasi selama 24 jam penuh, terbagi atas tiga tim yang bertugas secara bergantian setiap delapan jam. Masing-masing tim tersebut terdiri atas dua orang petugas BPJS Kesehatan, satu orang dokter, dua orang paramedis, dan satu pengemudi ambulans,” kata Ghufron.

Pada kesempatan tersebut, Ghufron juga mengingatkan para pemudik agar memastikan status kepesertaan JKN mereka aktif, sehingga apabila jatuh sakit atau memerlukan layanan kesehatan saat perjalanan, mereka dapat mengakses layanan JKN tanpa terkendala. Peserta JKN yang sedang mudik dapat mengakses layanan rawat jalan di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) lain paling banyak tiga kali kunjungan dalam waktu satu bulan. Dalam kondisi darurat, peserta JKN bisa langsung mengunjungi rumah sakit terdekat tanpa perlu rujukan. Daftar fasilitas kesehatan terdekat yang tetap beroperasi selama cuti bersama dan libur Lebaran tahun 2024 dapat diakses masyarakat melalui Aplikasi Mobile JKN atau BPJS Kesehatan Care Center 165.

Baca Juga :  Siruaya Utamawan Didaulat Jadi Ketua Umum Presidium DOB Kabupaten Cukuh Bandakh Lima

“Di Posko Mudik BPJS Kesehatan ini, kami juga berupaya melakukan sosialisasi dan edukasi kepada pemudik mengenai berbagai hal seputar Program JKN. Termasuk kanal-kanal digital yang disediakan BPJS Kesehatan untuk memudahkan urusan masyarakat, seperti Aplikasi Mobile JKN dan Pelayanan Administrasi melalui Whatsapp (PANDAWA). Di PANDAWA juga tersedia layanan informasi dan pengaduan. Kami juga jelaskan kepada pemudik mengenai fitur-fitur Aplikasi Mobile JKN seperti telekonsultasi, antrean online, informasi ketersediaan kamar, skrining riwayat kesehatan, i-Care JKN, dan sebagainya. Harapan kami tentu informasi tersebut bisa dipahami dan dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh pemudik,” jelas Ghufron.

Direktur Utama BPJS Kesehatan juga menjelaskan “Keamanan dan kenyamanan warga masyarkat yang akan pulang kampung atau mudik lebaran untuk merayakan Hari Raya Idul Fitri di tanah kelahirannya, menjadi prioritas utama pemerintah untuk menyiapkan sarana dan prasarana di semua jalur mudik lebaran pada setiap tahunnya”.

“Pemerintah telah merampungkan sejumlah ruas jalan tol yang akan menjadi akses bagi Masyarakat mudik lebaran. Telah tersedia pula rest area yang didalamnya terdapa tempat istirahat, tempat sholat, pos Kesehatan dan serana lainnya untuk memberikan kenyamanan dan keselamatan selama menempuh perjalanan” ungkap Dirut BPJS Kesehatan.

Pemerintah memperdiksi puncak arus mudik lebaran akan berlangsung pada tanggal 5-7 April. Oleh karena itu sangat tepat sekali waktunya dibuka posko mudik BPJS Kesehatan di terminal Pulogebang.

Follow WhatsApp Channel Tribratatv.com untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Berita ini 24 kali dibaca

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

RAGAM

Dalam Rangka HUT Bhayangkara ke-77, Polres Kudus, Polda Jateng Melaksanakan Revitalisasi Beberapa Masjid Di Kabupaten Kudus

RAGAM

Gus Halim: Kirab Budaya Adat di Jombang Bentuk Implementasi SDGs Desa ke-18

RAGAM

Waspada, FB Aftayesai Gunakan Sampul Foto Orang Lain

RAGAM

Multi fungsi pos pantau perum perhutani

RAGAM

Bina 50 Santri,Lapas Kelas IIA Pematang Siantar Gelar program Tahfiz dan Tahsin Al-Qur’an

RAGAM

PWMOI Akan Kirim Surat Ke Meneg BUMN Terkait Dana Hibah UKW PWI Pusat yang Diduga Dikorup PWI Pusat

POLRI

Mini Bus Tetabrak Kereta Api Di Tebingtinggi ,1 Orang Mengalami Luka Berat Dan Meninggal Dunia

RAGAM

Polda Sumut Terus Galakkan Pemberantasan Jaringan Narkoba, 50 Orang Ditangkap