Home / BHABIN / POLRI

Kamis, 22 Desember 2022 - 10:03 WIB

Polres Pematangsiantar Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Toba

Redaksi - Yadi - Penulis

Tribrata, Pematangsiantar – Polres Pematang Siantar menggelar Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Toba 2022 dalam rangka pengamanan Natal dan Tahun Baru 2023 di Lapangan Haji Adam Malik Kota Pematang Siantar, Kamis (22/12/2022).

Kapolres Pematang Siantar AKBP Fernando dalam membacakan amanat Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Pranowo mengatakan,Apel Gelar Pasukan merupakan bentuk pengecekan akhir kesiapan personel maupun sarana prasarana. Nantinya diharapkan pengamanan dapat terselenggara secara optimal dan sinergi, sehingga perayaan Natal 2022 serta Tahun Baru 2023 (Nataru) mampu berjalan dengan kondusif.

Momentum Nataru selalu ditunggu-tunggu oleh masyarakat Indonesia di setiap penghujung tahun, dengan melaksanakan berbagai kegiatan sehingga tentunya berimplikasi terhadap meningkatnya mobilitas masyarakat.

“Hasil survei dari Kemenhub, bahwa diperkirakan akan ada 44,17 juta orang melakukan pergerakan pada Nataru tahun ini,”paparnya

Polri dengan dukungan TNI, K/L, Pemerintah Daerah,Mitra Kamtibmas serta stakeholder terkait menggelar Operasi Kepolisian Terpusat dengan sandi Operasi Lilin 2022 selama 11 hari,mulai 23 Desember 2022 hingga 2 Januari 2023,serta dilanjutkan dengan KRYD mulai 3 Januari – 9 Januari 2023.

Pada pengamanan Nataru, terdapat berbagai potensi gangguan yang harus diwaspadai. Pada sisi kesehatan,kita harus tetap waspada terhadap potensi terjadinya lonjakan Covid-19, terlebih saat ini telah muncul subvarian baru omicron BN.1 yang lebih cepat menular.

Baca Juga :  Antisipasi Kejahatan di Sungai Musi, Ditpolairud Polda Sumsel Gelar Razia

Melihat hal tersebut, lakukan penguatan prokes terutama pada lokasi-lokasi dengan tingkat interaksi tinggi,imbau masyarakat untuk melaksanakan vaksinasi booster guna meningkatkan imunitas dan optimalkan penggunaan aplikasi Peduli Lindungi.

“Perlu saya garis bawahi, keberhasilan pengamanan Operasi Lilin 2022 merupakan tanggung jawab bersama yang harus dapat kita selesaikan,oleh sebab itu,kepada seluruh personel pengamanan agar senantiasa memperkuat sinergisitas dan soliditas selama pelaksanaan tugas.Saya yakin,dengan sinergisitas dan soliditas yang baik maka masyarakat dapat melaksanakan ibadah natal dengan khidmat,serta merayakan tahun baru dengan penuh suka cita,”ucapnya

Kapolri juga berpesan agar personel senantiasa menjaga kesehatan dan terus meningkatkan keimanan, serta ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa, serta niatkan setiap pelaksanaan tugas sebagai ibadah,tanamkanlah dalam diri, bahwa apa yang kita lakukan merupakan wujud pengabdian kepada masyarakat,bangsa dan negara, serta merupakan bagian dari ibadah itu sendiri dan saya mengucapkan “Selamat Natal 2022 dan Tahun Baru 11 2023”Semoga cahaya dan cinta kasih Tuhan senantiasa memenuhi setiap relung hati kita,sehingga dapat membawa kebaikan serta optimisme di tahun baru, demi mewujudkan Indonesia Emas 2045 yang kita cita-citakan bersama.

Pada Kesempatan Itu Kapolres Pematang Siantar AKBP Fernando juga menyampaikan Pelaksanaan Ops Lilin Toba tahun 2022 Khususnya di wilayah Kota Pematang Siantar Fokus pada pengamanan jalur arus mudik maupun arus balik,baik dari arah Medan menuju kota Pematang Siantar maupun arus dari arah Parapat menuju Kota Pematang Siantar dengan menempatkan tiga Pos Pelayanan dan Empat Pos Pengamanan.

Baca Juga :  Kapolresta Bogor Kota Laksanakan Pengecekan Lipat Dan Sortir Surat Suara

Hal itu bertujuan mengamankan jalur mudik,dan untuk pos Pengamanan bertujuan untuk pengamanan pusat pusat kegiatan masyarakat, seperti,Gereja,Mall,Terminal.

“Jumlah Personil Polres Pematang Siantar yang dilibatkan sebanyak 250 Orang dan ditambah dengan personil dari stakaeholder yang lain dengan jumlah keseluruhan 350 Personil dan juga didukung oleh elemen elemen lain seperti Ansor dalam pengamanan ibadah natal khususnya ditanggal 25,26 Desember 2022 yang dibantu pam swakarsa dari masing masing gereja tempat ibadah,”ungkap Fernando

Lanjutnya kepada Gereja yang belum adanya personil pengamanan agar segera di informasikan kepada polres pematang siantar untuk dilakukan penempatan personil dalam pengamanan natal, dan untuk pengamanan prioritas ada 44 gereja dari 143 gereja yang ada dikota pematang siantar seperti gereja gereja besar dan jumlah jemaat yang banyak.(j0e Ambarita)

Berita ini 5 kali dibaca

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

POLRI

Kompolnas RI Lakukan Pengawasan Seleksi Penerimaan Calon Taruna Akpol T.A. 2023

POLRI

Tingkatkan KRYD Polsek Talang Ubi Gelar Razia Terpadu 

LANTAS

Terjadi Lakalantas, Sat Samapta Polres Banyuasin Atur Lalulintas

BHABIN

Marak Tawuran, Polrestabes Gelar Rakor

POLRI

Kata Masyarakat Soal Lintasan Baru Ujian Praktik Pembuatan SIM C : Lebih Mudah

POLRI

Kisah Jenderal Hoegeng, Sang Inspirator

POLRI

HUT RI Ke-78 dan Hari Jadi Polwan Ke-75, Polres Banyuasin Gelar Lomba di Mako

POLRI

Diduga Pelaku Tindak Pidana Narkotika,Seorang Pria Berhasil di Tangkap Satres Narkoba Polres Tebing Tinggi.