Home / POLITIK / POLRI

Minggu, 24 September 2023 - 22:43 WIB

Legislator PDIP Gunhar Apresiasi Kapolda Sumsel Berani Tindak BBM Ilegal

Joni Karbot - Penulis

Jakarta-(tribratatv.com): Anggota DPR RI Daerah Pemilihan (Dapil) Sumatra Selatan (Sumsel) Yulian Gunhar, mengapresiasi kinerja Kapolda Sumatra Selatan (Sumsel) Irjen Pol A Rachmad Wibowo SIK, yang berani menangkap kapal boat penarik BBM ilegal, di Palembang.

“Tindakan tegas ini merupakan bentuk kerja nyata aparat kepolisian Polda Sumsel dalam memberantas penambangan, penyulingan serta distribusi BBM ilegal yang telah marak sejak lama,” kata Gunhar dalam keterangan kepada awak media, Sabtu (23/9/2023).

Gunhar menambahkan, apresiasi terhadap Polda Sumsel itu menurutnya perlu dilakukan, karena telah memberikan kontribusi nyata dalam mengamankan pendapatan negara dari sektor migas.

Mengingat kebijakan subsidi selama ini banyak disalahgunakan, akibat adanya disparitas harga antara BBM bersubsidi dan non subsidi yang begitu jauh.

Baca Juga :  Kapolda Metro Jaya Ganjar Penghargaan 5 Personel Berprestasi

“Seperti kita ketahui, perbedaan harga yang jauh antara BBM subsidi dan non subsidi itu, telah dimanfaatkan pihak tak bertanggungjawab untuk mengambil keuntung besar. Apalagi BBM hasil penambangan Ilegal yang sama sekali tidak mematuhi ketentuan Undang Undang, karena tidak bayar pajak dan royalti kepada negara,” terangnya.

Menurut anggota Komisi VII ini, dibutuhkan konsistensi dari aparat penegak hukum dalam memberantas praktik kejahatan termasuk distribusi BBM ilegal.

Mengingat kejahatan ini ibarat puncak gunung es, yang telah dilakukan berulang-ulang, walau polisi berulangkali melakukan penangkapan.

“Jika pihak kepolisian di negeri ini mau dan konsisten, semua kejahatan di republik ini pasti bisa diungkap dan diberantas,” katanya.

Gunhar menambahkan, bahwa tindakan Kapolda Sumsel dalam memberantas penambangan ilegal serta distribusi BBM ilegal itu, juga harus menjadi contoh yang bagus bagi semua Kapolda seluruh Indonesia.

Baca Juga :  Gabungan Mahasiswa Se Sumsel Gelar Aksi, Memberikan Dukungan Ke KPU SumselĀ 

“Seharusnya pejabat-pejabat yang berkompeten seperti ini, harus diberikan apresiasi oleh jajaran petinggi Polri di Jakarta atas kinerjanya,” katanya.

Namun politisi PDI Perjuangan ini berpesan, bahwa tugas memberantas ilegal mining dan penjualan BBM ilegal di Sumsel belum usai.

Pihak Polda Sumsel menurutnya, harus terus siaga menindak kejahatan tersebut di wilayahnya.

“Kapolda Sumsel dan jajarannya harus tetap siaga dalam menjaga dan merawat sirkulasi dan regulasi BBM subsidi tepat sasaran, agar tidak disalahgunakan,” pungkasnya.

Follow WhatsApp Channel Tribratatv.com untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Berita ini 48 kali dibaca

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

POLRI

Setukpa Lemdiklat Polri Gelar Bakti Sosial Kampus Peduli New Zero Stunting

BHABIN

Polrestabes Medan Amankan Crespo Championship U-16 Piala Walikota Medan

POLRI

Kabaharkam Polri Pimpin Upacara Penyerahan Jabatan Kakorpolairud dan Kakorsabhara Baharkam Polri

BHABIN

Polsek Medan Area Bersama Densus Mabes Polri Ajak Warga Tolak intoleransi dan Radikalisme

BHABIN

Ditpolairud Bersama Bhabinkamtibmas Polsek Lalan Giat Distribusikan Sembako Bantuan Kapolda Sumsel

POLRI

Kapolres Sinjai Sulsel Apresiasi Masyarakat dan Personel Pam, Malam Tahun Baru 2024 Kondusif

POLRI

Kapolda Kepri dan Kabid Humas Terima Silaturahmi dan Audiensi MUI Kepri

BHABIN

Kapolrestabes Medan Terima Cinderamata dari Polwan Misi Perdamaian PBB