Home / RAGAM

Selasa, 9 Juli 2024 - 13:34 WIB

Kepala Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta Sebagai Narasumber Pada Diseminasi Hasil Penelitian: Asesmen Penerapan Pedoman Kejaksaan Terkait Penanganan Perkara Narkotika

Redaksi - Yadi - Penulis

Jakarta – (tribratatv.com) : Kepala Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta Dr. Rudi Margono, S.H., M.Hum. Sebagai Narasumber Pada Diseminasi Hasil Penelitian: Asesmen Penerapan Pedoman Kejaksaan Terkait Penanganan Perkara Narkotika.

Selasa, 09 Juli 2024 bertempat di Aula Ali Sahid, Gedung Tindak Pidana Umum Kejaksaan Agung. Kepala Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta Rudi Margono, menjadi narasumber pada acara Diseminasi Hasil Penelitian: Asesmen Penerapan Pedoman Kejaksaan Terkait Penanganan Perkara Narkotika. Dalam menangani perkara narkotika, Kejaksaan Agung RI telah memberlakukan Pedoman Nomor 11 Tahun 2021 tentang Penanganan Perkara Tindak Pidana Narkotika dan/atau Tindak Pidana Prekursor Narkotika (PED 11/2021).

Dalam waktu kurang lebih 1 tahun 5 bulan setelah dicabut oleh Jaksa Agung Republik Indonesia melalui Surat Edaran Nomor B228/A/Ejp/12/2022 pada tanggal 28 Desember 2022 dan Pedoman Nomor 18 Tahun 2021 tentang Penyelesaian Penanganan Perkara Tindak Pidana Penyalahgunaan Narkotika melalui Rehabilitasi dengan Pendekatan Keadilan Restoratif sebagai Pelaksanaan Asas Dominus Litis Jaksa (PED 18/2021).

Baca Juga :  12 Orang Dilaporkan Hilang Akibat Banjir Bandang dan Longsor di Kabupaten Humbahas 

Sebagai tindak lanjut atas hal tersebut, “Indonesia Judicial Research Society” (IJRS) yang bekerja sama dengan Kejaksaan RI atas dukungan dari “Australia-Indonesia Partnership for Justice 2” (AIPJ2) melalui “The Asia Foundation” (TAF) telah menyelesaikan penelitian tentang “Asesmen Penerapan Pedoman Kejaksaan terkait Penanganan Perkara Narkotika (Pedoman 11/2021 dan Pedoman 18/2021) oleh Kejaksaan di Wilayah Hukum Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta”.

Penelitian ini bertujuan untuk melihat tingkat penerapan penggunaan PED 11/2021 dan PED 18/2021 di wilayah kerja DKI Jakarta sekaligus mengidentifikasi kendala dan masukan terhadap PED 11/2021 dan PED 18/2021 dengan harapan dapat memberi masukan terhadap penyusunan kebijakan yang berbasis bukti (evidence-based policy).

Dalam rangka menindaklanjuti hasil laporan penelitian, maka IJRS bersama Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Umum Kejaksaan Agung RI akan menyelenggarakan kegiatan “Diseminasi Hasil Penelitian Asesmen Penerapan Pedoman Kejaksaan terkait Penanganan Perkara Narkotika (Pedoman 11/2021 dan Pedoman 18/2021) oleh Kejaksaan di Wilayah Hukum Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta”.

Baca Juga :  Si Dokkes Polres Kudus membuat inovasi layanan kesehatan gratis bagi pemudik

Pada saat pemaparan Kajati DKI Jakarta, Rudi Margono, merespons permasalahan dananya perbedaan penerapan hukum atau perbedaan tuntutan pidana pada perkara tindak pidana narkotika? “Pada prinsipnya, perbedaan tuntutan pada setiap perkara apapun, diperbolehkan asal terdapat alasan yang dapat dipertanggungjawabkan. Karena hampir tidak ada satu perkara yang memiliki karakteristik yang sama secara keseluruhan.

Misal, dalam penyertaan sekalipun, walaupun perbuatannya sama, berat narkotikanya sama, jenisnya narkotikanya sama, tetapi ketika kita pertimbangkan karakteristik personal terdakwa, tentu dapat ditemukan perbedaan.

Follow WhatsApp Channel Tribratatv.com untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Berita ini 13 kali dibaca

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

RAGAM

Komisi VIII DPR RI Berharap Bantuan Kemensos dapat Tingkatkan Kemandirian KPM

RAGAM

Soedirman Awards Kurang Etika, ETOS Dukung Langkah Ganang P. Soedirman

POLITIK

AHY Ajak Masyarakat Lawan Mafia Tanah

RAGAM

Pengukuhan Kampung Tangguh Bersinar, Desa Jepang, Mejobo, Kudus

RAGAM

Sambangi Polresta Pangkalpinang, Puslitbang Polri Teliti Tingkat Kepercayaan Masyarakat terhadap Kinerja Polisi

RAGAM

Dapat Pembangunan Rehab Pihak Sekolah SMPN 1 Pebayuran Ucapkan Terimakasih

RAGAM

Polres Kudus Gelar Penanaman Pohon Serentak Jelang HUT Bhayangkara ke 78

RAGAM

Program pemercepatan pertumbuhan ekonomi didesa Sidoasri