Home / POLRI

Sabtu, 12 November 2022 - 19:24 WIB

Kapolri Bakar Semangat Anggota Pengamanan KTT G20: Jadikan Ini Kebanggaan dan Kehormatan Kalian

Redaksi - Yadi - Penulis

Tribrata, Bali – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meninjau posko Brimob Pura Geger Bali guna persiapkan pengamanan penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali, Sabtu (12/11/2022). Dalam tinjauan ini, Kapolri menyampaikan kebanggaannya terharap anggotanya yang siap melaksanakan pengamanan KTT G20.

Ia pun membakar semangat para anggotanya tetap semangat dalam pengamanan. Sebab, menurutnya penyelenggaraan KTT G20 di Bali adalah kehormatan bagi Indonesia dan belum tentu dilaksanakan 20 tahun sekali.

“Seperti yang disampaikan pak presiden pengamanan ini belum tentu 20 tahun sekali. Oleh karena itu anda-anda ada di sini terpilih dan jadikan itu kebanggaan dan kehormatan kalian. Oleh karena itu tugas kalian semua adalah bagaimana melaksanakan tugas yang dipertanggungjawabkan kepada kita dengan sebaik-baiknya,” katanya.

Kapolri pun melakukan pengecekan kesiapan dari anggota dan peralatan mulai dari adanya kerusuhan hingga bencana alam.

Baca Juga :  Polri terjun langsung cek ketersediaan logistik untuk korban gempa Cianjur

“Apabila ada kontijensi terkait dengan masalah bencana kita cek satu-satu mulai dari peralatan SAR di darat dan laut semuanya sudah siap,” kata Kapolri.

Lebih lanjut, Kapolri juga meninjau peralatan terkait kesiapan apabila ada ancaman-ancaman yang terkait dengan masalah bom dan juga kimia radioaktif, semisal alat pendeteksi, alat evakuasi, dan juga alat penghancuran.

Ia pun meminta anggota untuk bersiap dan berlatih setiap hari, serta mengecek semua peralatan agar pada saat dibutuhkan dapat bergerak dengan cepat apabila adanya ancaman.

Mantan Kabareskrim Polri ini pun menyampaikan selain meninjau pasukan, ia juga mengecek jalur mulai dari delegasi atau tamu VVIP tiba hingga ke tempat venue dan akomodasi. Total ada 4 posko di 4 venue yang disiapkan dalam pengamanan KTT G20.

Terkait dengan evaluasi pengamananan KTT G20, Kapolri menyampaikan akan terus dilakukan peningkatan dan perbaikan hingga puncak penyelenggaraan KTT G20.

Baca Juga :  Polrestabes Medan Terima Audiensi Lintas Generasi Sumut, Ini Yang DibahasĀ 

“Disisa waktu yang ada ini terhadap hal-hal yang harus ditingkatkan tentunya semua menjadi lebih baik terutama potensi-potensi kontijensi, karena ancaman-ancaman yang ada kita buatkan asumsi maksimalnya seperti apa sehingga kesiapan kita tak mendadak dengan kekuatan yang cukup,” katanya.

Dalam kunjungan ini, Kapolri menyempatkan makan siang dengan para anggota. Hal ini sebagai wujud kebersamaan dan soliditas internal Polri dalam pengamanan KTT G20.

Ia pun meminta anggotanya untuk semangat mengamankan KTT G20 dan selalu berkoordonasi dengan instansi lainnya termasuk TNI.

“Saya kira ini menjadi satu optimisme bahwa pengamanan KTT G20 dari Polri TNI dalam posisi siap melaksanakan,” katanya.

Berita ini 3 kali dibaca

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

BHABIN

Kapolda Metro Jaya Gelar Acara Guyub Ketua Rukun Warga Se-Jakarta Barat

POLRI

Kapolres Tebing Tinggi Lantik Lima PJU di Jajaran Polres Tebing Tinggi

POLRI

Kapolres Banyuasin Cek Pos Pam Polsek Rambutan di Simpang Opi Mall Jakabaring

POLRI

Jelang Pemilu 2024, Polres Metro Jakarta Utara Upayakan Pencegahan Gangguan Kamtibmas

POLRI

Kapolres Metro Tangerang Kota bersama PP Polri Polda Metro Jaya Gelar Silaturahmi

POLRI

Potensi Luapan Air, Polsek Penukal Abab Pantau dan Antisipasi konkret Libatkan Masyarakat

POLRI

Polda Metro Jaya Gelar Apel Gabungan Operasi Patuh Jaya 2023

POLRI

Satgas Preventif Jaga Ketat Kantor KPU dan Bawaslu Jawa Tengah Selama Pemilu 2024