Home / POLRI

Minggu, 31 Desember 2023 - 14:57 WIB

Kapolres Banyuasin Himbau Perayaan Tahun Baru, Warga Tak Nyalakan Petasan 

Joni Karbot - Penulis

BANYUASIN-(tribratatv.com):  Dalam rangka menjaga situasi kamtibmas pada puncak perayaan natal dan tahun baru 2023 (Nataru), Kapolres Banyuasin mengeluarkan maklumat larangan penggunaan petasan dan bunga api.

Dalam maklumatnya Kapolres Banyuasin AKBP Ferly Rosa Putra SIK mengimbau masyarakat agar tidak menggunakan kembang api dan petasan. Karena efek ledakan dan semburan api sangat berbahaya.

Dengan sengaja menjual, menyimpan, mengangkut, menyalakan petasan dan kembang api tanpa izin dari aparat kepolisian, akan ditindak sesuai dengan Undang-undang darurat, No 12 tahun 1951.

“Ancaman terkait kembang api ini juga diatur dalam pasal 13 UU bunga api, tahun 1932 pasal 2. Serta peraturan Kapolri No 17 tahun 2017 tentang perizinan, pengamanan, pengawasan dan pengendalian bahan peledak komersil,” jelas Kapolres kepada awak media, Sabtu (30/12).

Baca Juga :  Bentuk Kepedulian Mensos Berikan Dukungan Penuh Untuk Keluarga ODGJ

Tak hanya itu, Kapolres Banyuasin AKBP Ferly Rosa Putra SIK juga meminta agar masyarakat Banyuasin tidak terlalu berlebihan saat merayakan malam pergantian tahun 2023 nanti.

“Iya, pada malam pergantian tahun aktivitas masyarakat akan meningkat. Untuk itu kita meningkatkan patroli, guna mengantisipasi tindak pidana dan kecelakaan,” ujar Kapolres.

Ditambahkan Kapolres, untuk pengamanan pihaknya telah memetakan sejumlah titik yang dianggap rawan. Penempatan personel, akan disesuaikan dengan tingkat kerawanan titik yang menjadi lokasi kumpul masyarakat.

Baca Juga :  Raih 27 Mendali Emas INKANAS Piala Kapolda Jawa Tengah, Kapolres Grobogan: Wujud Usaha dan Kerja Keras serta Kedisiplinan Kunci Kesuksesan

“Beberapa titik yang akan menjadi fokus pengamanan, merupakan tempat masyarakat sering merayakan malam tahun baru. Selain itu, tempat-tempat ibadah juga akan kita jaga ketat,” urai dia.

Dirinya memastikan akan melakukan operasi patroli di sejumlah titik pada malam pergantian tahun baru. Target utamanya, penggunaan narkoba dan miras.

“Boleh merayakan tahun baru tapi harus bijak. Jangan berkumpul dan minum Miras serta Narkoba, kalau kami temukan akan kami tindak,” tegas dia.

Follow WhatsApp Channel Tribratatv.com untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Berita ini 24 kali dibaca

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

POLRI

Jum’at Curhat, Kapolres Metro Depok: Pentingnya Kerjasama Polisi dan Masyarakat Menjaga Keamanan Lingkungan

POLRI

Kapolsek Lalan Iptu Zulkarnain Kunjungi PPS Desa Karang Tirta

POLRI

Tukang Ojek Tewas Ditikam, Polisi Amankankan Pelaku

POLRI

Polri Tahan 6 Tersangka Peristiwa di Stadion Kanjuruhan

POLRI

Polsek Penukal Abab Giat Monitoring Saat Pelatikan PTPS

BHABIN

Berikan Rasa Aman Beribadah, Kapolsek SS III Pimpin Langsung Pengamanan di 4 Gereja

POLRI

Pemilu Damai 2024, Kapolres Metro Tangerang Kota: Anggota Polri Harus Netral dan Tidak Boleh Melakukan Politik Praktis

POLRI

Polri Gelar Rakor Operasi Mantap Brata 2023-2024