Home / RAGAM

Kamis, 7 September 2023 - 02:07 WIB

ETOS : Hasil Survey ETOS, Prabowo Teratas, Anies Terjun Bebas

Redaksi - Yadi - Penulis

Jakarta – (tribratatv.com) : Dalam rilis berita yang berlangsung di Jakarta Timur pada Rabu (6/9/2023), ETOS Indonesia Institute mengumumkan hasil survei terbaru terkait Pemilihan Presiden (Pilpres) dan perolehan suara beberapa partai politik yang diprediksi akan lolos parlemen threshold.

Menurut hasil survei ETOS, calon presiden Prabowo Subianto menduduki peringkat tertinggi dengan persentase 37,8%. Prabowo unggul atas nama-nama lainnya, dengan Ganjar Pranowo berada di posisi kedua dengan 31,4%, dan Anies Baswedan di tempat ketiga dengan persentase 24,7%. Survei ini menunjukkan bahwa Prabowo Subianto tidak terpengaruh oleh perpindahan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ke koalisi Anies Baswedan, bahkan sebaliknya, posisinya semakin kuat.

Survei ini melibatkan hampir 1200 responden dari lima provinsi utama, yaitu Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur, dengan margin error sekitar 2,81% dan tingkat kepercayaan sebesar 95%. Metode survei ini dilakukan secara acak dengan penggunaan kuesioner dan berlangsung pada periode 18-31 Agustus 2023.

Selain itu, survei ETOS juga mengungkap hasil perolehan suara enam partai politik yang diperkirakan akan melampaui ambang parlemen. Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) memimpin dengan persentase 21,1%, diikuti oleh Partai Golkar dengan 19,7%, Partai Gerindra dengan 17,3%, dan Partai Demokrat dengan 15,7%. Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Nasdem juga memperoleh persentase yang signifikan, masing-masing 13,4% dan 11,8%.

Baca Juga :  Awas Arsitek Abal-abal, Arsitek Asli Memiliki SRTA

Penting untuk dicatat bahwa pandangan calon presiden yang diusung oleh partai-partai berpengaruh besar terhadap perolehan suara partai politik tersebut. Hasil survei menunjukkan pengaruh kuat dari calon presiden terhadap perolehan suara partai politik pendukungnya.

“Ini tak akan bisa disanggah lagi, partai-partai pendukungpun juga berefek, partai Golkar bukan partai baru, partai tua dan sangat berpengalaman menuju senayan, partai ini pun mendukung pak Prabowo berkoalisi bersama partai Gerindra, PAN dan partai-partai kecil lainnya, partai Demokrat juga partai yang pernah berkuasa selama dua periode, jadi tak perlu diragukan lagi, sikap partai Demokrat hengkang dari koalisi mendukung Anies sepertinya mendongkel kekuatan partai Demokrat kembali, partai Nasdem juga terdongkel karena Bacapresnya dan terakhir partai Keadilan Sejahtera (PKS), publik menunggu sikap partai ini, apa masih tetap mendukung Anies bersama Nasdem atau akan ikutan hengkang paska PKB merapat di koalisi itu.” ucap Iskandarsyah kepada wartawan saat Press Rilis.

Pengamat politik dari ETOS Indonesia Institute menjelaskan bahwa partai-partai yang mendukung calon presiden tertentu juga mendapat dampak positif. Partai Golkar yang mendukung Prabowo bersama Gerindra dan partai-partai kecil lainnya memiliki pengalaman dan dukungan yang kuat dalam perjalanan menuju parlemen. Demikian pula, partai Demokrat yang telah berkuasa selama dua periode mendapat dukungan tambahan karena keputusannya untuk mendukung Anies Baswedan.

Baca Juga :  KOGANA ROAD TO SCHOOL, Pelatihan Kesiaga Bancanaan Ke Sekolah

“Semua kemungkinan-kemungkinan bisa terjadi 3 (Tiga) bulan ke depan, membuat suasana politik kita semakin dinamis, perubahan, perpindahan, akan sangat mungkin terjadi dalam beberapa waktu ke depan, karena semua Partai Politik sedang mempersiapkan strategi ke depannya, termasuk dalam menentukan Bacawapresnya untuk calon-calon yang mereka usung dan dukung, apakah PAN, PPP, Hanura, PERINDO dan lain-lain tak akan lolos Parlement threeshold?, politik hari ini masih abu-abu kok, kemungkinan-kemungkinan bisa terjadi, kita lihat nanti 3 (Tiga) bulan ke depan hasil survey ETOS selanjutnya.” jelasnya.

Namun, publik masih menunggu untuk melihat sikap Partai Keadilan Sejahtera (PKS), yang diperkirakan akan mendukung Anies Baswedan bersama Partai Nasdem setelah PKB bergabung dalam koalisi tersebut. Dinamika politik terus berlanjut, dan hasil survei ini memberikan gambaran awal yang menarik tentang bagaimana politik Indonesia akan berkembang selama beberapa bulan mendatang.

“Di tiga bulan ke depan sangat yakin semua akan menyusut partai-partai mana yang akan lolos ke senayan selain enam partai tadi.” tutupnya. (**)

Follow WhatsApp Channel Tribratatv.com untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Berita ini 14 kali dibaca

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

POLRI

Vondell Sebut Cyprus Bukan dari Keluarga Melainkan Teman AKBP Buddy

RAGAM

Festival Kab. Kerinci Ke 21 Tahun 2023 Resmi Di Buka Gubernur Jambi

RAGAM

Al-Fatehah Pengobat Rindu, Singel Terbaru Band Maharaja 48

RAGAM

Klarifikasi Pemdes Pandansari Terkait Pemberitaan Media Yang Tidak Sesuai Fakta Mengenai Pembangunan Desa Wisata

RAGAM

Bersih desa Tambakasri yang ke 112

BHABIN

Didampingi Bhabinkamtibmas, Da’i Polsek Tompobulu rapat Dan Turun Sosialisasikan “ASSIAMA”

RAGAM

Adanya Penyimpangan Anggaran, KONI Malut Berikan Peringatan Keras Kepada Pengprov FORKI Malut

RAGAM

DPP PPNI Sosialisasi CBP-INNA, Fajarina: CBP-INNA Terapkan Standar SNI ISO/IEC 17024