Home / RAGAM

Sabtu, 11 Februari 2023 - 09:44 WIB

Diduga Abaikan Perpres, Proyek Halte Transjakarta Kalibatacity 1 Dibiarkan Tanpa Papan Nama

Redaksi - Yadi - Penulis

Tribrata, Jakarta – Sesuai amanah Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik (KIP) Nomor 14 Tahun 2008 dan Perpres Nomor 54 Tahun 2010 dan Nomor 70 Tahun 2012, dimana mengatur setiap bangunan fisik yang dibiayai oleh Negara wajib memasang papan nama proyek.

Papan nama penting sebagai sarana masyarakat mengetahui jenis kegiatan proyek, besarnya anggaran, dan asal usul anggaran (APBD/APBN), nama kontraktor, tenggat waktu pelaksanaan kegiatan, dan perawatan. Papan nama proyek sebagai bentuk transparansi sekaligus memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk melakukan pengawasan dan pencegahan terjadinya pencurian uang rakyat.

Pada tahun 2022, pihak PT Transportasi Jakarta (TransJakarta) menargetkan, untuk buka 18 halte hasil revitalisasi pada akhir tahun 2022. Badan usaha milik daerah (BUMD) DKI Jakarta itu berharap, belasan halte yang akan dioperasikan kembali itu akan mempercepat waktu tunggu penumpang.

Baca Juga :  Langkah Spektakuler! GRANAT Indonesia Jalin Kerjasama Dengan CADCA Amerika Dalam Memerangi Narkoba

Seperti halnya terlihat pantauan wartawan dilapangan, Jum’at (10/02/23) siang proyek pembangunan Halte Transjakarta Kalibata City 1, tepatnya depan Apartemen Kalibata City, Kecamatan Pancoran, Jakarta Selatan yang akan dimulai pembangunannya.

Namun anehnya, proyek pembangunan Halte Transjakarta Kalibata City tersebut tak nampak papan nama Proyek dan tidak mentaati peraturan yang sudah jelas tertuang dalam Undang-Undang (KIP) Nomor 14 Tahun 2008 dan Perpres Nomor 54 Tahun 2010 dan Nomor 70 Tahun 2012.

Baca Juga :  Ramadan Sudah Berlalu Telur Belum Turun Harga

Diungkapkan Tokoh masyarakat yang tidak mau disebutkan namanya mengatakan kepada awak media. Praktik pengerjaan proyek tanpa pemasangan papan nama kegiatan ini terkesan sengaja dibiarkan oleh para pengawas dari instansi pemerintah terkait.

Diduga, pembiaran telah lama berlangsung lama, sehingga para kontraktor pun terbiasa tidak memasang papan nama berisi informasi kegiatan proyek.

Hingga berita ini dimuat redaksi dan diterbitkan, pihak pemborong belum bisa ditemui untuk dikonfirmasi.(yadi)

Berita ini 20 kali dibaca

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

POLITIK

Puluhan Tenda Pedagang Musiman Tutupi Area Terminal Gamalama, Pedagang Tempatan Menjerit Karena Sepinya Pengunjung

POLRI

Rumah Terbakar di Desa Teluk Kijing II, Ini Himbauan Kapolsek Lais.

RAGAM

Lurah Komat III Berdayakan Masyarakat Memanfaatkan Lahan Kosong Menjadi Produktif

RAGAM

PMKRI Cab. Maumere ST. Thomas Morus Ajak Masyarakat Kabupaten SIKKA Jaga Konduksifitas Kamtibmas Jelang PEMILU Serentak Tahun 2024.

RAGAM

Ada Dugaan Praktek Mafia Tanah yang Bermain Terstruktur, Sistematis dan Masif Soal Konflik HGU PT EWF

RAGAM

Dihadiri Kapolres dan Bupati, PWI dan SMSI OKU Selatan Peringati Hari Pers Nasional 2024

RAGAM

SiDokkes Polres Kudus Gelar Pelatihan Bantuan Hidup Dasar (BHD)

RAGAM

Amankan Pemilu 2024, 514 Personel Brimob Polda Jambi Siap Di Terjunkan