Home / POLRI

Kamis, 30 November 2023 - 13:42 WIB

Audiensi Pemred Jaringan Sumbar, Kabid Humas Polda Jateng: Upaya Bersama Tangkal Hoax

hy - Penulis

tribratatv.com – SEMARANG, — Polda Jateng| Kabid Humas Polda Jateng menerima audiensi rombongan Jaringan Pemred Sumbar (JPS) yang sedang mengadakan Studi Tiru ke Polda Jateng dengan tema kegiatan Jurnalis Anti Hoax mengawal Pemilu, Berani Hoaks, Hook Saja, di Mapolda Jateng, Rabu (29/11/2023).

Dalam sambutannya, Kabidhumas Polda Jateng Kombes Pol Satake Bayu. SIK. menyampaikan bahwa sejauh ini semua Tahapan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 di Jawa Tengah berjalan lancar dan kondusif, Begitu juga dengan roda pemerintahan juga berjalan dengan baik sesuai tugas pokok dan fungsi serta aturan yang berlaku.

“ Saat ini tengah berjalan tahapan kampanye peserta pemilu dan situasi sampai saat ini relatif aman, Semoga suasana kondusif ini terus berlanjut hingga selesainya semua tahapan pemilu,” ungkap Kombes Pol Satake di hadapan peserta studi Tiru yang dipimpin oleh Koordinator Adrian Tuswandi dan Kabag Prokopim Setdaprov Sumbar Budi Arif.

Kombes Pol. Bayu menambahkan berbagai kegiatan dalam rangka menjaga kondusifitas wilayah jelang Pemilu, Polda Jateng bersama Polres jajaran menggelar kegiatan Manajemen Sosial dengan cara secara rutin melakukan kegiatan sosial seperti pembagian sembako, pembagian air bersih, penanaman pohon dan pengobatan gratis bagi warga. Kegiatan yang dilakukan tersebut juga bekerjasama dengan stakeholder terkait.

Baca Juga :  Mantan GM PT SAL Diamankan Polres Muba, Ada Apa?

“Kegiatan ini digelar Polda Jateng dalam upaya membantu masyarakat kurang mampu, serta sebagai salah satu upaya Cooling Sistem dalam menjaga Kamtibmas ” ucap Kombes Pol Satake.

Dilanjutkan Kombes Pol Satake, dalam mensukseskan Pemilu serentak 2024, Polda Jateng melalui Bidang Humas melakukan Manajemen media. Dengan cara melakukan Patroli Siber guna memantau berita Hoaks atau ujaran Kebencian di dunia Maya.

“ dalam Patroli Siber selain kita lakukan bersama dengan Direktorat Reskrimsus juga mengajak berbagai stakeholder termasuk rekan-rekan media untuk bersama-sama memantau berita Hoaks dan Ujaran Kebencian di Media Sosial. Jika ada temuan terjadinya ujaran Kebencian dan Hoaks, maka di tahap awal kita lakukan teguran dan pembinaan, jika terus berlanjut atau tidak diindahkan, maka kita lakukan tindakan yang lebih tegas, Namun perlu di ingat bahwa penegakan hukum yang di lakukan merupakan upaya terakir karena kita mengedepankan upaya persuasif ” ujar Kombes Pol Satake.

Selain itu Polda Jateng juga melakukan Manajemen Kemitraan yaitu mengajak tokoh-tokoh masyarakat untuk bersama-sama menjaga Kamtibmas dalam mensukseskan pelaksanaan Pemilu serentak 2024.

Baca Juga :  Sekum MUI Sumsel: "Bahayanya Politik Identitas Bagi Keutuhan Bangsa"

“Dalam hal ini, kita mengajak tokoh tokoh masyarakat untuk bersama-sama membangun kesadaran masyarakat dalam mensukseskan pemilu, termasuk mengajak masyarakat ramai-ramai ke TPS dalam upaya meningkatkan partisipasi pemilih, Karena salah satu tolok ukur sukses pemilu adalah meningkatnya partisipasi pemilih dalam pemilu,” ungkap Kombes Pol Satake.

Terkait dengan pelaksanaan Pemilu 2024, tambah Kombes Satake, secara nasional Kepolisian Republik Indonesia (Polri) melaksanakan Operasi Mantab Brata, Khusus di Polda Jateng operasi ini melibatkan 22.764 personil yang terdiri dari personil Polda dan Polres se Jateng, ditambah anggota TNI dan instansi lain nya.

“Dalam operasi ini, kita melakukan Pengamanan terhadap 117.299 TPS dimana jumlah dan komposisi Personil yang ditempatkan di TPS, tergantung tingkat kerawanan TPS tersebut ” pungkas Kombes Pol Satake

Usai audiensi, Kombes Pol. Satake mengajak tim jurnalis meninjau sejumlah ruangan fasilitas bidang Humas, termasuk ruangan Podcast yang dimanfaatkan untuk mensosialisasikan berbagai program Polda Jateng ke masyarakat untuk menjaga kondusifitas daerah.(hy/af/broto)

Follow WhatsApp Channel Tribratatv.com untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Berita ini 3 kali dibaca

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

POLRI

Kapolres Lubuklinggau Komitmen Bantu Upaya Pengendalian Inflasi 

POLRI

Sat Polairud Polres Kendal Laksanakan Sambang dan Berikan Himbauan Kepada Pengunjung Pantai

POLRI

Kapolres Muba Beri Apresiasi Umroh Gratis Pada Personilnya

POLRI

Kasetukpa Lemdiklat Polri Bersama Menteri LHK RI Tutup Diklat Reguler Polhut Tahun 2023

POLRI

Terima Penghargaan Dari PBB, Briptu Renita: Terima Kasih Kapolri

POLRI

Kapolres Kendal Ikut Serta Penanaman Mangrove Nasional Secara Serentak Oleh Jajaran TNI di Pantai Ngebum

POLRI

Beri Arahan Untuk Jajaran Polda Riau, Wakapolri: Dampak Quick Wins Presisi Tingkat Kepercayaan Publik Pada Polri Naik 76.4 Persen

POLRI

Berkat Aplikasi ‘Banpol’, Petugas Kepolisian Selamatkan Pengemudi Ojol