Home / RAGAM

Selasa, 2 Juli 2024 - 11:37 WIB

Ada Bangunan Tak Terawat, Diduga Dana Bos di SMPN Kota Depok Tidak Tepat Sasaran

Redaksi - Yadi - Penulis

Depok – (tribratatv.com) : Dalam penggunaan dana bantuan operasional sekolah (BOS) diduga masih terus terjadi di banyak satuan pendidikan secara nasional. Dugaan ini muncul dari amanatan Dialog secara langsung dilapangan dana Bos SDN dan SMPN Kota Depok diduga tidak tepat sasaran sehingga diperuntukkan untuk berlangganan media massa cetak atau langganan Koran.

Pasalnya, dari amanatan Tim Media terlihat secara langsung dilapangan, di Sekolah SMP Negeri 28, dan SMPN 04 Depok perawatan gedung sekolah yang tidak terurus seperti cat tembok yang terlupas, atap plafon yang bolong, dan kaca jendela bolong.

Disaat Tim Media mencoba melakukan konfirmasi penggunanaan dana Bantuan Oprasional Sekolah (BOS) tahun 2023-2024 di SMPN 04 dan SMPN 28 Kota Depok, namun kepala Sekolah dan bendahara Bos sedang tidak berada di tempat, Selasa (02/07/24).

Baca Juga :  Wakapolres Kompol Malik Pimpin Tadarusan Di Masjid Al- Muntaha Polres Muba

Padahal dana Perawatan Sarana dan Prasarana Sekolah Sarpras tahun 2023-2024 dianggarakan hingga ratusan juta. Selain itu, papan informasi dana BOS tahun 2023 hingga 2024 pun tidak terpasang. Sebagai bentuk transparansi dalam penggunaan dana BOS yang di kucurkan pemerintah melalui kemdikbud, untuk menujang proses belajar mengajar di satuan pendidikan.

Namun anehnya lagi, Tim Media mencoba kembali menggali informasi di sekolah SMPN 28 dan SMPN 04 Kota Depok. Pada tahun 2023 dan 2024 tahap 1 dan tahap 2 terjadi pengelolaan yang diperuntukkan pada komponen langganan daya dan jasa lumayan tinggi diduga digunakan untuk biayai langganan Koran.

Baca Juga :  Polres Kudus Melaksanakan Kegiatan Sidak Dan Pengecekan Stok BBM Subsidi Dan BBM Non Subsidi

Kebijakan berlangganan media massa cetak tersebut, dibebankan kepada setiap sekolah dengan perhitungan jumlah siswa didik di masing-masing sekolah. Sehingga, sekolah dengan jumlah siswa yang banyak, otomatis berlangganan media massa cetak tersebut menjadi lebih banyak.

“Kami juga bingung, kalau ditolak, mereka memaksa, dengan cara mencari-cari kesalahan kami. Karena kami tidak ingin berkepanjangan, akhirnya kami terima saja,” ujarnya salah satu Guru di SMPN Negeri Kota Depok yang tidak mau sebutkan namanya kepada Tim Media, Jum’at (21/06/24).

Follow WhatsApp Channel Tribratatv.com untuk update berita terbaru setiap hari Follow
Berita ini 23 kali dibaca

Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

BHABIN

Cek 91 Command Center, Kapolri Tegaskan Siap Amankan KTT ASEAN di Labuan Bajo

RAGAM

DPR Apresiasi Polri Ungkap Perusahaan Pinjol Ilegal

RAGAM

Anggota DPRD Provinsi Sumut Delpin Bar us,ST Fraksi PDI Perjuangan Melaksanakan Reses I Tahun Sidang V Tahun 2023 – 2024

RAGAM

Bhakti Religi Polres Kudus Dalam Rangka HUT Bhayangkara Ke 78

POLRI

Polri Rekrut 45 Calon Perwira Sarjana untuk Perangi Kejahatan Siber

POLRI

Kapolres Banyuasin: Dua Siswi SMPN 37 Pelembang Tenggelam di Kolam Renang

POLRI

Dit Intelkam Polda Sumsel Gelar FGD, Topik Utama “Penanggulangan Tawuran dan Kenakalan Remaja”

RAGAM

Soal Bansos Salah Sasaran, Mensos : Data Orang Penerima Itu di Daftarkan Pakai Nama Perusahaan